Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Uri-Uri Melestarikan Budaya Menjaga Kearifan Lokal

| August 09, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-09T01:17:08Z


Alamanahjurnalis.com -
SIDOARJO - Melestarikan tradisi ritual ke punden banyak di lakukan oleh masyarakat kita di Indonesia khususnya tradisi masyarakat Jawa. Hal itu dilakukan sebagai wujud masyarakat dalam menjaga kearifan lokal yang di dalamnya terkandung makna memupuk sifat kerukunan, persaudaraan, saling tolong menolong dan solidaritas yang tinggi.

Mbah Gimbal Sang Putra Alam melakukan ritual bersama para anggotanya dan juga para tamu undangan malam ini di Punden Mbah Suro Dowo di Kamis (8-/8/2024).



Acara dimulai pukul 22.00 WIB di Desa Sruni Gedangan Sidoarjo Jawa Timur tepatnya di belakang pergudangan Tanrise Southgate.

Adapun pembicara dalam acara ritual tersebut adalah Mbah Gimbal Sang Putra Alam yang sangat terkenal di dunia Supranatural bersama Ki Rekso, Ki Harto, Praktisi hukum Ahmad Sodig S.H., FPK (Forum Pamong Kebudayaan) Sidoarjo Ainul Yakin, Sanggar Ngaji Roso Konco Dewe, BRB (Barisan Relawam Nusantara) dan juga Dr.S.H.MKn. HJ.Tri Susilowati yang merupakan Calon Bupati (Cabup) 2024-2029 Sidoarjo serta tokoh-tokoh spiritual lainya.



Tak kurang dari 100 orang datang di acara ritual Jumat Pon di Punden Mbah Suro Dowo. Adapun diadakanya ritual tersebut untuk melestarikan seni dan budaya yang ada di tanah air Indonesia. Melestarikan budaya leluhur kita, " ujar mbah Gimbal.

Menurut cerita Ki Rekso, " dulu punden ini gak kayak gini, " tempat ini kayak alas, tapi seiring waktu dengan swadaya sendiri bersama teman-teman kita perbaiki punden ini dengan baik seperti sekarang ini. Nantinya siapapun yang jadi Bupati Sidoarjo kita ingin tempat-tempat seperti bisa dijaga dengan baik, " ujarnya.



Dikesempatan yang sama HJ.Tri Susilowati mengatakan akan membuatkan paguyuban karena kita akan berderma nanti saya akan buatkan secara gratis karena kita sebagai pemerhati budaya siap membangkitkan lagi budaya kita terutama kebudayaan Jawa dengan mengacu pada UMKM, "ujarnya.


Jurnalis : Abi,Obet,Arif S,Tri S,Hartanto dan Mahmud
×
Berita Terbaru Update