Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jokowi Bentuk Badan Gizi, Persiapan Program Makan Gratis Prabowo

| August 17, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-08-17T09:44:01Z


Alamanahjurnalis.com - Jakarta -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Badan Gizi Nasional.

Sebelumnya, gagasan Badan Gizi Nasional itu pun pernah diungkap Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mempersiapkan program makan bergizi gratis.

Pembentukan Badan Gizi Nasional oleh Jokowi itu dituangkan dalam Peraturan Presiden Nomor 83 Tahun 2024. Perpres ini mulai berlaku pada 15 Agustus 2024.

"(1) Dengan Peraturan Presiden ini dibentuk Badan Gizi Nasional. (2) Badan Gizi Nasional merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada presiden," bunyi pasal 2 Perpres Nomor 83 Tahun 2024 yang dilihat, Sabtu (17/8).

Badan itu bertugas melaksanakan pemenuhan gizi nasional. Badan Gizi Nasional akan dipimpin oleh seorang kepala.

Perpres itu juga mengatur target pemenuhan gizi nasional. Badan Gizi Nasional akan punya tiga kelompok masyarakat prioritas dalam menjalankan tugas mereka.

Pada Pasal 5 Perpres 83/2024 itu kemudian ditulis bahwa sasaran pemenuhan gizi yang menjadi tugas dan fungsi Badan Gizi Nasional itu diberikan kepada empat subyek

"a. peserta didik pada jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah di lingkungan pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan keagamaan, pendidikan khusus, pendidikan layanan khusus, dan pendidikan pesantren; b. anak usia di bawah lima tahun; c. ibu hamil; dan d. ibu menyusui," demikian dikutip dari Pasal 5 Perpres itu.

"Perubahan sasaran pemenuhan gizi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) ditetapkan oleh Presiden," demikian sambungannya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mengampanyekan program makan siang gratis untuk pemenuhan gizi anak-anak. Setelah Pilpres 2024, program itu berubah nama menjadi makan bergizi gratis.

Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Panangian Simanungkalit mengatakan ada rencana pembentukan Badan Gizi Nasional untuk menangani program itu.

"Sedang jalan kan. Itu juga merupakan suatu badan yang baru," ucap Panangian, ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/6) seperti dikutip dari detik.com.

Sumber : cnnindonesia.com
×
Berita Terbaru Update