Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jokowi Yakin Prabowo Bakal Ikuti Rekomendasi BPK: Agar Uang Rakyat Dikelola Transparan

| July 08, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-08T08:40:33Z


Alamanahjurnalis.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo meyakini pemerintahan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Tujuannya, agar uang rakyat dapat dimanfaatkan dengan baik.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam acara Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (PHP LKPP) tahun 2023 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024). 

"Pemerintahan saat ini dan saya yakin pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto ke depan, akan selalu memberikan perhatian serius pada setiap rekomendasi BPK agar uang rakyat dapat dimanfaatkan dengan baik, serta dikelola secara transparan dan akuntabel," kata Jokowi, Senin.

Jokowi juga meminta dukungan BPK dan seluruh komponen bangsa untuk mendukung peralihan pemerintahan pada Oktober 2024 nanti, agar berjalan dengan baik.

Kemudian, menjaga keberlanjutan untuk membawa kemajuan negara Indonesia. 

"Saya juga mengharapkan dukungan BPK untuk melanjutkan perbaikan ekosistem pemerintahan, membangun pemerintahan yang akuntabel, dan sekaligus fleksibilitas dan selalu berorientasi pada hasil," tutur Jokowi. 

Lebih lanjut Jokowi meminta agar para menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah menindaklanjuti rekomendasi BPK dalam laporan keuangan tersebut.

Sekaligus kata dia, menyelesaikan rekomendasi-rekomendasi dari pemeriksaan BPK itu. 

"Agar pengelolaan keuangan APBN dan APBD kita semakin hari semakin tahun semakin baik," jelas Jokowi. 

Sebagai informasi, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (PHP LKPP) tahun 2023.

Ketua BPK Isma Yatun menuturkan, predikat WTP ini merupakan opini WTP ke-8 sejak LKPP tahun 2016 lalu. Opini ini akan semakin mendorong kepercayaan di sektor publik. 

Capaian ini kata dia, tidak lepas dari komitmen sinergi mengingat perjalanan memperoleh opini WTP tidaklah mudah.

Sumber : kompas.com
×
Berita Terbaru Update