Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buah Genosida Netanyahu: Pasukan Israel yang Kelelahan, Terhina dan Tercela

| June 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-24T02:01:21Z


Alamanahjurnalis.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang terkepung kini telah membuat dirinya terpojok. Seorang kolomnis asal Amman Yordania, Osama Al-Sharif menyebut setelah 8 bulan yang mengerikan melakukan pemboman tanpa pandang bulu dan disengaja terhadap daerah kantong berpenduduk padat di Gaza , ia kini menghadapi momen: pasukannya yang dulunya tak terkalahkan kini kelelahan, terhina, dan tercela. 

Dengan hampir 40.000 korban jiwa warga Palestina sejauh ini dan jutaan orang kini menghadapi kelaparan, perang yang dilancarkannya belum memiliki garis akhir yang pasti.

"Dia gagal mewujudkan rencana pascaperang dan, dalam prosesnya, dia telah merusak hubungan dengan Gedung Putih dan semua sekutu Israel di Barat," tulis Osama Al-Sharif dalam artikelnya berjudul "As he ponders his next step, Netanyahu is wagering Israel’s future" yang dilansir Arab News pada Selasa 18 Juni 2024. 

Berminggu-minggu telah berganti menjadi berbulan-bulan dan tentara telah kehabisan tujuan strategis. Setidaknya 120 sandera Israel masih disandera dan masyarakat Israel sangat terpecah belah dan marah dan kini menginginkan kepalanya.

Sementara itu, Hizbullah Lebanon telah menjadi pengganggu Israel. Sejak 8 Oktober, kelompok militan pro-Iran telah menyerang Israel utara dengan penuh semangat dan tekad. 

Lebih dari 5.000 rudal dan drone telah diluncurkan dari Lebanon selatan terhadap berbagai sasaran di Israel utara, menyebabkan puluhan ribu warga Israel menjadi pengungsi dan membakar ribuan hektar lahan. 

Sistem pertahanan udara Israel yang luar biasa telah dikompromikan dan Hizbullah telah memperingatkan bahwa mereka siap untuk perang habis-habisan. 

Dengan tidak adanya kesimpulan pasti atas perang yang telah terjadi ini, beberapa hari ke depan akan menjadi hari yang sangat penting bagi Israel, Gaza, Lebanon, dan kawasan sekitarnya. 

Netanyahu kini menghadapi pilihan yang sulit: memperluas perang dan mengambil risiko dengan membom Lebanon agar tunduk atau tunduk pada tekanan internasional dan domestik dan menghentikan kampanye militer di Gaza. Keduanya merupakan opsi berisiko tinggi dan tetap saling terkait. 

Namun ia menjadi semakin terisolasi di dalam dan luar negeri. Ratusan ribu warga Israel melakukan protes hampir setiap hari, menuntut agar ia menerima kesepakatan untuk memulangkan para sandera. 

Namun Hamas, yang pada prinsipnya telah menerima rencana tiga fase Presiden Joe Biden, menginginkan jaminan bahwa Israel akan mengakhiri perang, menarik diri dari Gaza, dan mengizinkan warga Gaza untuk kembali ke rumah mereka yang tersisa di tengah dan utara Jalur Gaza. Hal ini sama saja dengan kekalahan telak bagi Netanyahu dan mitra sayap kanannya.

Terlebih lagi, tekanan semakin meningkat terhadapnya untuk menyerukan pemilihan umum dini, dan ia pasti akan kalah. 

Pada hari Senin, ribuan pemukim melakukan unjuk rasa di Yerusalem Barat, menuntut pengunduran dirinya. Rekan-rekannya yang ultrareligius dan ultranasionalis ingin dia melanjutkan perang di Gaza dan membuka front kedua melawan Lebanon.

Sementara itu, Tepi Barat berada di ambang kekacauan besar ketika ekstremis Yahudi menyebarkan kematian dan teror terhadap warga Palestina, sementara tentara Israel menggerebek kamp-kamp pengungsi dalam upaya untuk menghentikan kelompok militan Palestina sejak awal. 

Para pengkritik Netanyahu di Israel mulai bermunculan. Pemerintahan sayap kanannya telah menimbulkan perpecahan dalam masyarakat Israel. 

Sementara tentara yang terdemoralisasi terlibat dalam perang terbuka di Gaza dan menimbulkan banyak korban jiwa, koalisinya mendukung undang-undang yang mengecualikan orang-orang Yahudi Ortodoks dari wajib militer. 

Dan ketika tentara mengumumkan jeda taktis harian di Gaza, yang seolah-olah mengizinkan konvoi kemanusiaan memasuki wilayah yang dilanda kelaparan tersebut, Netanyahu melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap para jenderalnya, begitu pula dengan menteri pertahanannya. Israel belum pernah melihat pertengkaran publik antara perdana menteri dan tentara – yang merupakan simbol kebanggaan dan persatuan negara.

Tekanan semakin meningkat terhadap Netanyahu untuk menyetujui kesepakatan dengan Hamas. Pada saat yang sama, pihak yang berhaluan keras dalam pemerintahan menginginkan dia memulihkan pertahanan Israel yang telah hancur dengan menyerang jauh ke dalam Lebanon. Israel tidak pernah begitu terpecah, terisolasi, dan paranoid, sehingga menjadikannya sangat tidak terduga dan sama berbahayanya. 

Dalam upaya putus asa untuk mencegah perang habis-habisan, AS telah mengirim Amos Hochstein, utusan khusus Biden, ke Lebanon dan Israel dalam upaya meredakan situasi.

Hochstein telah mencoba memisahkan Gaza dan Lebanon sebelumnya, namun akhirnya menerima bahwa keduanya memiliki hubungan yang permanen. 

Meskipun ada peringatan keras Israel kepada Lebanon bahwa perdamaian di Israel utara akan dipulihkan melalui diplomasi atau perang, Hizbullah tampaknya menyadari posisi genting Netanyahu di dalam negeri. 

Gedung Putih jelas ingin mencegah perang terbuka antara Israel dan Hizbullah, karena khawatir akan dampak regional yang tidak dapat dikendalikan. 

Biden sedang berjuang dalam upayanya untuk terpilih kembali dan perang di Gaza telah menjadi inti strategi kampanyenya untuk menyatukan pemilih Demokrat. Harus menghadapi perang lagi antara Israel dan Lebanon adalah sesuatu yang tidak diinginkan oleh dia dan para pembantunya. 

Netanyahu, yang telah membuang-buang waktu dan memperpanjang perang di Gaza, kini mulai kehilangan pilihannya. Setelah Benny Gantz dan Gadi Eisenkot meninggalkan Kabinet perang pekan lalu, Netanyahu terpaksa membubarkannya untuk menghindari keharusan mengizinkan mitranya yang tidak berdaya, Itamar Ben-Gvir, untuk bergabung.

Dia sekarang sendirian dan mempunyai keputusan akhir tentang bagaimana melakukan perang di Gaza dan apakah akan meluncurkan front baru melawan Lebanon. 

Setelah lebih dari delapan bulan berperang di Gaza, kecil kemungkinan tentara Israel akan meraih kemenangan telak di Gaza dalam waktu dekat. 

Selain itu, Hizbullah juga telah meningkatkan serangannya terhadap sasaran-sasaran militer di Israel seiring dengan upaya mereka untuk menyingkirkan Israel bagian utara. 

Sementara itu, tekanan meningkat terhadap Israel untuk meringankan bencana kemanusiaan di Gaza sambil menghadapi serangan diplomatik dan hukum di luar negeri. 

Sekarang semuanya tergantung pada karakter dan cara berpikir Netanyahu. Dia mungkin memilih untuk melarikan diri dengan melibatkan Israel dalam petualangan militer lainnya melawan Lebanon. 

Pada saat yang sama, pasukannya kelelahan dan mengalami demoralisasi, atau dia mungkin menyerah pada kenyataan pahit bahwa langkahnya telah gagal total.

Dia harus menanggung akibat yang besar, namun yang lebih penting lagi, Israel akan melalui fase perhitungan dan pemeriksaan diri yang menantang, lebih dari sekadar kegagalan perangnya dan memalukan di Gaza. 

Apa yang harus dihadapi Netanyahu adalah bahwa perangnya di Gaza tidak akan pernah menghasilkan kemenangan. Hal ini kini telah terkikis oleh banyaknya korban jiwa tragis yang menimpa warga Palestina. 

Netanyahu telah berhasil memecah belah Israel dengan cara yang memerlukan waktu bertahun-tahun untuk mengatasinya. Dia telah merusak citra Israel dan sekarang dia berdiri sendiri sambil memikirkan bagaimana langkah selanjutnya. Dia mempertaruhkan masa depan Israel dan langkah selanjutnya akan sangat penting.

Sumber : sindonews.com
×
Berita Terbaru Update