Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

8 Kesaktian Luar Biasa Sunan Kalijaga yang Bikin Musuh Kabur Duluan

| May 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-12T13:42:45Z


Alamanahjurnalis.com - SUNAN Kalijaga salah satu tokoh Wali Songo yang terkenal dengan kesaktiannya. Nama aslinya Raden Mas Said. Ia ahli agama dan salah satu ulama penyebar Islam di Pulau Jawa.

Sunan Kalijaga lahir pada 1450 Masehi dan masa mudanya dijuluki Brandal Lokajaya. Selain ulama, Kalijaga juga dikenal sebagai penasihat kerajaan dan seniman. Ia juga ahli keindahan bangunan atau arsitek.

Kalijaga dikisahkan punya karamah luar biasa. Kesaktiannya mampu membuat musuh yang menghalangi dakwahnya gentar.

Berikut 8 kesaktian Sunan Kalijaga :

1. Menghilang

Kesaktian Sunan Kalijaga yang pertama adalah ia dapat menghilang. Ajian ini memungkinkan Sunan Kalijaga untuk tidak menghilang dari pandangan untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu sekejap.

2. Berjalan di atas air

Sunan Kalijaga juga dikenal dapat berjalan di atas air. Meski terdengar mustahil, namun kisah ini banyak dipercaya oleh masyarakat khususnya di pulau Jawa. Terlebih, orang zaman dahulu memang dikenal memiliki linuwih.

3. Berada di dua tempat berbeda

Kesaktian Sunan Kalijaga berikutnya adalah ia mampu berada di dua tempat berbeda dalam waktu yang bersamaan. Dalam sebuah kisah, diceritakan Sunan Kalijaga pernah melaksanakan shalat Jumat di dua tempat yang berbeda, yakni di Jawa dan di Mekkah, Arab Saudi.

4. Kebal api

Dikisahkan Sunan Kalijaga adalah seorang yang sangat kuat. Salah satunya, ia tidak mempan saat dibakar dengan api.

Dalam sebuah kisah diceritakan Sunan Kalijaga pernah dipanggang oleh Panembahan Ratu dalam sebuah bara api yang besar. Meski begitu, Sunan Kalijaga tidak terbakar sedikitpun.

5. Bertapa dalam waktu lama

Bertapa adalah hal yang lumrah dilakukan oleh orang zaman dahulu. Hal tersebut juga dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

Dikisahkan, Sunan Kalijaga pernah bertapa dalam waktu yang sangat lama tanpa makan dan minum. Dirinya hanya berdiam diri sambil berdzikir hingga tubuhnya ditumbuhi rerumputan.

6. Mengubah tanah menjadi emas

Dalam Babad Tanah Jawi, dikisahkan bahwa Sunan Kalijaga dapat merubah tanah menjadi emas. Hal ini dilakukan Sunan Kalijaga dihadapan Ki Pandan Arang II yang terkenal menjalankan pemerintahan dengan sifat yang congkak.

7. Mengubah beras jadi pasir

Selain merubah tanah menjadi emas, Sunan Kalijaga juga dikenal dapat merubah beras menjadi pasir. Hal ini ia lakukan saat melihat warga dusun kelaparan, namun kepala dusun justru hidup mewah tanpa memikirkan warganya.

8. Mendatangkan uang gaib

Kesaktian Sunan Kalijaga yang terakhir adalah mampu mendatangkan uang gaib. Hal ini dikisahkan dalam naskah mertasinga.

Dikisahkan, pada saat itu istri Sunan Kalijaga meminta dibelikan kain baju. Namun Sunan Kalijaga sedang tidak memiliki uang. Melihat istrinya yang terus merengek, Sunan Kalijaga kemudian mendatangkan uang secara gaib untuk istrinya.

Sumber : okezone.com
×
Berita Terbaru Update