Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Situs Semen : Peninggalan Prabu Airlangga Kediri

| February 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-28T13:45:08Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Situs Candi Semen terletak di sekitar aliran Sungai Mantren, Desa Semen, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang letaknya tidak jauh dari petilasan Sri Aji Joyoboyo. Situs ini menyimpan peninggalan zaman kepemimpinan Prabu Airlangga. 

Di Situs Semen ini, tampak dua arca menghadap ke barat yang bernama Nara Singa. Di sebelah timur Nara Singa, ditemukan ornamen arca Dewa Wisnu duduk di atas Garuda. Diperkirakan arca ini dibuat pada masa Sang Prabu Airlangga, yang dibuktikan dari adanya  simbol Dewa Wisnu Menaiki Garuda tersebut. 


Di sebelah timur ketiga arca ini, ada sebuah sendang pemandian yang kemungkinan adalah pemandian para bangsawan jaman dahulu, karena di beberapa tempat ditemukan susunan bata yang merupakan tembok situs pemandian. 

Pada masa beliau, banyak dibuat pemandian atau padusan yang dalam Bahasa Sansekerta adalah Airlangga, yang disebut juga Paduka Mhungku Bhatara Guru Chantraning Bhuwana, yang diharapkan setelah mangkat, RajaAirlangga akan diarcakan sebagai Dewa Siwa, karena sebutan Bhatara Guru (Bahasa Jawa, red) sama dengan Dewa Siwa. 

Situs ini diyakini merupakan peninggalan purbakala tertua di Jawa Timur, dikarenakan adanya tanda purbakala dari Narasinga yang masih utuh dan di belakangnya terdapat Linggo Yoni yang merupakan asal kejadian manusia. Linggo Yoni merupakan simbol laki-laki dan perempuan untuk perkembangan jaman selanjutnya. Narasinga yang berarti singa dalam bahasa Indonesia ini hanya ada di situs ini, bahkan di Jawa Timur. 

Sumber :
1. beritamadani.co.id
2. gantaril.blogsport.com
3. onakduri.wordpress.com

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update