Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungan Kerja Presiden RI di Provinsi Jawa Tengah

| January 05, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-05T01:41:24Z


Alamanahjurnalis.com - Jawa Tengah - Kunjungan kerja Presiden RI di Provinsi Jawa Tengah pada Rabu, 3 Januari 2024, yaitu :

1. Groundbreaking Kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Presiden Joko Widodo memulai dengan groundbreaking Kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) di Kabupaten Banyumas.

Kepala Negara memandang perlu untuk menyiapkan talenta dan mengembangkan ketrampilan ke depan agar pembangunsn SDM dapat terlaksana. Selain itu, Presiden Jokowi menekankan bahwa pembangunan karakter juga menjadi kunci bagi pembangunan SDM Indonesia seutuhnya. Dalam sambutannya, Presiden meyakini UMP akan mampu berkontribusi dalam pengembangan hal tersebut.

2. Tinjau kegiatan tanam padi di Kabupaten Banyumas

Presiden Joko Widodo meninjau kegiatan tanam padi di Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas dan mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa petani telah melakukan proses tanam padi pada awal bulan Januari 2024 dan berharap produksi beras nasional akan mengalami peningkatan di musim panen mendatang. 

Selain itu, Presiden juga memastikan bahwa saat ini pembelian pupuk untuk petani telah dipermudah dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Bahkan untuk menghadapi masa panen, pemerintah melalui Pupuk Indonesia juga telah mempersiapkan 1.7 juta ton pupuk.

3. Penyaluran bantuan pangan dan BLT El Nino di Banyumas

Presiden Joko Widodo menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino merupakan bantuan khusus bagi penerima manfaat yang terdampak kekeringan. Hal tersebut disampaikan oleh Presiden dalam dialognya bersama sejumlah penerima manfaat bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) di Gudang Bulog Klahang, Kabupaten Banyumas.

Presiden Jokowipun menekankan bahwa BLT El Nino diberikan oleh pemerintah guna membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang.

4. Tegaskan komitmen pemerintah dalam pemerataan pembangunan melalui Dana Desa

Presiden Joko Widodo menegaskan bentuk nyata komitmen pemerintah untuk melakukan pembangunan secara merata hingga ke desa, dan menyebut bahwa hal tersebut dapat dilihat dari dana desa yang telah tersalurkan untuk membangun desa-desa di seluruh Tanah Air.

Presiden menilai jumlah dana desa yang telah disalurkan sejak tahun 2015 bukanlah angka yang kecil jika dibandingkan dengan anggaran sejumlah pembangunan proyek lainnya. Hal tersebut disampaikan Presiden dalam pertemuannya bersama para kepala desa se-Kabupaten Banjarnegara, yang digelar di Desa Pagak, Kabupaten Banjarnegara.

5. Silaturahmi dengan karyawan pabrik PT. Tong Tji

Presiden Joko Widodo mengunjungi pabrik PT. Tong Tji Tea Indonesia di Kabupaten Tegal, menyapa para karyawan dan berbincang singkat mengenai sejumlah hal, diantaranya kondisi perekonomian Indonesia.

Menurut Presiden, perusahaan ini sangat spesifik memproduksi teh dan menyampaikan bahwa Indonesia merupakan salah satu dari banyak negara yang bisa bangkit perekonomiannya.

6. Resmikan enam jembatan baru di lintas utara Jawa

Presiden Joko Widodo meresmikan enam jembatan yang menggantikan jembatan callendar hamilton (CH) di lintas utara Jawa dan menyebut pembangunan jembatan tersebut dikarenakan jembatan-jembatan sebelumnya telah melebihi batas layanannya, dalam sambutan peresmiannya di Jembatan Pemali Kabupaten Brebes.

Ada enam jembatan yang diresmikan oleh Presiden pada kesempatan tersebut adalah Jembatan Pemali Brebes B dan Jembatan Pedes B yang masing-masing berada di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto IIA di Kabupaten Demak, Jembatan Juana IA di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Sumber : presidenri.go.id
×
Berita Terbaru Update