Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ini Tujuan Utama Israel Menghancurkan Gaza Selepas Gencatan Senjata, Ternyata Bukan Menghancurkan Hamas

| December 02, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-02T09:53:40Z


Alamanahjurnalis.com - GAZA - Israel telah memberi tahu beberapa negara Arab bahwa mereka ingin membuat zona penyangga di perbatasan Gaza sisi Palestina untuk mencegah serangan di masa depan sebagai bagian dari proposal untuk wilayah kantong tersebut setelah perang berakhir. 

Menurut tiga sumber regional, Israel mengaitkan rencananya dengan negara tetangganya Mesir dan Yordania, serta Uni Emirat Arab, yang menormalisasi hubungan dengan Israel pada tahun 2020. 

Mereka juga mengatakan bahwa Arab Saudi, yang tidak memiliki hubungan dengan Israel dan menghentikan proses normalisasi yang dimediasi AS setelah perang Gaza berkobar pada 7 Oktober, telah diberitahu. Sumber tersebut tidak menyebutkan bagaimana informasi tersebut sampai ke Riyadh, yang secara resmi tidak memiliki saluran komunikasi langsung dengan Israel. Turki juga diberitahu, kata sumber tersebut. 

Inisiatif ini tidak menunjukkan akan segera berakhirnya serangan Israel – yang dimulai kembali pada hari Jumat setelah gencatan senjata tujuh hari – namun ini menunjukkan bahwa Israel menjangkau lebih dari mediator Arab yang sudah mapan, seperti Mesir atau Qatar, dalam upaya membentuk perdamaian pasca-perang di Gaza.


Reuters melaporkan tidak ada negara Arab yang menunjukkan kesediaan untuk mengawasi atau mengatur Gaza di masa depan dan sebagian besar negara-negara Arab mengutuk serangan Israel yang telah menewaskan lebih dari 15.000 orang dan meratakan sebagian besar wilayah perkotaan Gaza. Hamas membunuh 1.200 orang dalam serangannya pada 7 Oktober dan menyandera lebih dari 200 orang. 

“Israel menginginkan zona penyangga antara Gaza dan Israel dari utara ke selatan untuk mencegah Hamas atau pejuang lainnya menyusup atau menyerang Israel,” kata seorang pejabat senior keamanan regional, salah satu dari tiga sumber regional yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, diansir Reuters. 

Pemerintah Mesir, Saudi, Qatar dan Turki tidak segera menanggapi permintaan komentar. Pejabat Yordania tidak dapat segera dihubungi untuk memberikan komentar. 

Seorang pejabat UEA tidak menanggapi secara langsung ketika ditanya apakah Abu Dhabi telah diberitahu tentang zona penyangga tersebut, namun mengatakan: “UEA akan mendukung segala pengaturan pascaperang di masa depan yang disepakati oleh semua pihak terkait” untuk mencapai stabilitas dan negara Palestina. 

Ketika ditanya tentang rencana zona penyangga, Ophir Falk, penasihat kebijakan luar negeri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, mengatakan kepada Reuters: "Rencananya lebih rinci dari itu. Ini didasarkan pada proses tiga tingkat sehari setelah Hamas." 

Menguraikan posisi pemerintah Israel, ia mengatakan tiga tingkatan tersebut adalah penghancuran Hamas, demiliterisasi Gaza, dan deradikalisasi wilayah kantong tersebut. 

“Zona penyangga mungkin menjadi bagian dari proses demiliterisasi,” katanya. Dia menolak memberikan rincian ketika ditanya apakah rencana tersebut telah diajukan dengan mitra internasional, termasuk negara-negara Arab. 

Negara-negara Arab telah menolak tujuan Israel untuk memusnahkan Hamas dan mengatakan bahwa Israel lebih dari sekedar kekuatan militan yang bisa dikalahkan. 

Israel telah menyatakan di masa lalu bahwa mereka sedang mempertimbangkan zona penyangga di dalam Gaza, namun sumber tersebut mengatakan bahwa mereka kini memperkenalkan zona tersebut ke negara-negara Arab sebagai bagian dari rencana keamanan masa depan mereka di Gaza. Pasukan Israel menarik diri dari daerah kantong tersebut pada tahun 2005. 

Seorang pejabat AS, yang menolak disebutkan namanya, mengatakan Israel telah "mengajukan" gagasan zona penyangga tanpa mengatakan kepada siapa. Namun pejabat tersebut juga mengulangi penolakan Washington terhadap rencana apa pun yang mengurangi luas wilayah Palestina. 

Yordania, Mesir dan negara-negara Arab lainnya telah menyuarakan kekhawatiran bahwa Israel ingin mengusir warga Palestina dari Gaza, mengulangi perampasan tanah yang dialami warga Palestina ketika Israel didirikan pada tahun 1948. Pemerintah Israel menyangkal tujuan tersebut. 

Sumber senior keamanan Israel mengatakan gagasan zona penyangga sedang “dikaji”, dan menambahkan: “Saat ini belum jelas seberapa dalam zona penyangga tersebut dan apakah zona tersebut akan berada pada kedalaman 1 km, 2 km, atau ratusan meter (di dalam Gaza). " 

Setiap perambahan ke Gaza, yang panjangnya sekitar 40 km (25 mil) dan lebarnya antara 5 km (3 mil) dan 12 km (7.5 mil), akan membuat 2,3 juta penduduknya terjepit di wilayah yang lebih kecil lagi. 

Di Washington, seorang pejabat Israel mengatakan bahwa lembaga pertahanan Israel sedang membicarakan tentang "semacam penyangga keamanan di sisi perbatasan Gaza sehingga Hamas tidak dapat mengumpulkan kemampuan militer di dekat perbatasan dan kembali mengejutkan Israel." 

“Ini adalah tindakan keamanan, bukan tindakan politik,” kata pejabat itu dengan kondisi anonimitas. “Kami tidak bermaksud untuk tetap berada di sisi perbatasan Gaza.” 

Hingga saat ini, Mesir, negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian perdamaian dengan Israel, dan Qatar, yang tidak memiliki hubungan formal namun tetap membuka saluran komunikasi, telah menjadi pusat pembicaraan mediasi dengan Israel yang berfokus pada pertukaran sandera yang ditahan oleh Israel. Hamas untuk warga Palestina di penjara Israel. 

Dua sumber keamanan Mesir mengatakan Israel telah mengemukakan gagasan tersebut dalam pembicaraan mediasi dengan Mesir dan Qatar untuk melucuti senjata Gaza utara dan mendirikan zona penyangga di Gaza utara dengan pengawasan internasional. 

Sumber tersebut mengatakan beberapa negara Arab menentang hal ini. Meskipun negara-negara Arab mungkin tidak menentang penghalang keamanan antara kedua belah pihak, ada perselisihan mengenai lokasinya, tambah mereka. 

Sumber-sumber Mesir mengatakan Israel telah mengatakan dalam sebuah pertemuan di Kairo pada bulan November bahwa para pemimpin Hamas harus diadili secara internasional sebagai imbalan atas gencatan senjata penuh. Para mediator mengatakan masalah ini harus ditunda hingga perang usai untuk menghindari menggagalkan perundingan mengenai pembebasan sandera, kata sumber tersebut. 

Sebuah sumber di kantor perdana menteri Israel menolak untuk menanggapi laporan tersebut, dan menambahkan: "Kabinet Perang Netanyahu telah menetapkan misi perang: menghancurkan Hamas dan membawa pulang semua sandera, dan kami akan melanjutkannya sampai kami menyelesaikan misi kami." 

Salah satu sumber di Mesir mengatakan Israel, dalam diskusinya dengan Mesir dan Qatar, telah beralih dari fokus pada pembalasan pada awal krisis menjadi menunjukkan kesediaan yang lebih besar untuk “memikirkan kembali tuntutannya seiring dengan berlanjutnya mediasi.” 

Sumber-sumber regional membandingkan rencana zona penyangga Gaza dengan “zona keamanan” yang pernah dimiliki Israel di Lebanon selatan. Israel mengevakuasi zona tersebut, yang kedalamannya sekitar 15 km (10 mil), pada tahun 2000 setelah bertahun-tahun pertempuran dan serangan oleh Hizbullah Lebanon. 

Mereka juga mengatakan rencana Israel di Gaza pascaperang termasuk mendeportasi para pemimpin Hamas, sebuah tindakan yang juga mencerminkan kampanye Israel di Lebanon pada tahun 1980an ketika mereka mengusir pimpinan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), yang melancarkan serangan dari Gaza. Libanon ke Israel. 

"Israel siap membayar harga yang mahal untuk mengusir dan mengusir Hamas sepenuhnya dari Gaza ke negara-negara lain di kawasan serupa dengan apa yang dilakukannya di Lebanon, tapi itu tidak sama. Menyingkirkan Hamas itu sulit dan tidak pasti," kata yang lain. pejabat daerah yang mengetahui diskusi tersebut. 

Seorang pejabat senior Israel mengatakan Israel tidak menganggap Hamas seperti PLO atau percaya bahwa mereka akan bertindak seperti PLO. 

Mohammad Dahlan, mantan kepala keamanan Gaza dari faksi Fatah Palestina yang diusir dari daerah kantong tersebut ketika Hamas mengambil alih kekuasaan pada tahun 2007, mengatakan rencana zona penyangga Israel tidak realistis dan tidak akan melindungi pasukan Israel. 

“Zona penyangga bisa membuat pasukan (Perdana Menteri Benjamin) Netanyahu juga menjadi sasaran di zona tersebut,” katanya

Sumber : SINDOnews.com
×
Berita Terbaru Update