Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ubalan dan Alaska Kediri : Taman Wisata Air yang Tiada Duanya

| October 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-21T00:55:27Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri - Kota Kediri merupakan salah satu kota dengan potensi wisata yang sangat indah. Sesuai dengan namanya, obyek wisata air ini menawarkan kejernihan sumber air sebagai daya tarik utamanya.


Wisata Sumber Ubalan terletak di Susun Kaladan, Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Sumber Ubalan ini pertama kali dikelola pada tahun 1891 sesuai dengan bunyi prasasti yang berada di dekat sumber. 


Daya tarik Wisata Sumber Ubalan berupa hutan lindung alami dengan berbagai jenis pohon hutan yang luasnya kurang lebih 10 Ha. Untuk menuju ke tempat ini sudah tersedia jalan beton yang landai. Jalan tersebut melintang menembus hutan dan sejajar dengan kanal air yang menghubungkan ke sumber dan kolam renang.


Kawasan Sumber Ubalan selain menyediakan kolam renang, juga menyediakan kolam pancing, panggung hiburan, kolam perahu, restoran, bumi perkemahan, mainan anak-anak serta taman yang ditata indah dan asri.


Tidak jauh dari Sumber Ubalan terdapat Wisata Alaska yang luasnya 5 Ha, terletak di Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Alaska merupakan sebuah wisata air yang dipenuhi pohon karet rindang dengan aliran sungai tenang di bawahnya. Uniknya, banyak bangku diletakkan di atas sungai untuk menikmati kuliner. Ada pula penangkaran monyet yang aman dan  kolam ikan.


Wisata Ubalan dan Alaska ini terletak kurang lebih 18 km (30 menit) ke timur Kota Kediri, dengan tarif masuk Rp. 5.000 / orang dan jam operasional 08.00 - 17.00 WIB. Namun, setelah ditutup karena Pandemi Covid-19, tempat wisata ini terlihat agak sepi pengunjung. Wisatawan kebanyakan beralih ke Wisata Simpang Lima Gumul (SLG) yang menjadi ikon Kota Kediri dan berjarak hanya beberapa kilometer dari obyek wisata ini.

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update