Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Media asing soroti Presiden Jokowi resmikan kereta cepat Jakarta-Bandung buatan China

| October 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-02T23:58:11Z


Alamanahjurnalis.com - Dilansir dari CNN Indonesia - Jakarta, Sejumlah media asing menyoroti peluncuran kereta cepat Jakarta-Bandung buatan China, Whoosh, yang diresmikan Presiden Indonesia Joko Widodo di Stasiun Halim, Jakarta Timur, pada Senin (2/10).

Media asal Amerika Serikat, CNN, melaporkan peresmian itu dengan judul "Dengan bantuan China, Indonesia luncurkan kereta cepat tercepat di Asia Tenggara."

Di paragraf pertama, mereka menuliskan Indonesia meresmikan kereta cepat dengan pertama di Asia Tenggara yang menghubungkan dua kota besar.

Kereta cepat ini dibuka untuk umum mulai Senin ini. Peresmian tersebut dihadiri istri Jokowi, Iriana, dan sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju (KIM)

"Kereta cepat Jakarta-Bandung ini merupakan yang pertama di Indonesia, dan pertama di Asia Tenggara, dengan kecepatan 350 kilometer per jam," kata Jokowi dalam laporan itu.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan peresmian ini menjadi bukti proyek kereta cepat bisa diselesaikan.

"Ini tidak lepas dari kerja sama yang baik dari seluruh pihak," ujar Luhut yang turut hadir di acara peresmian ini.

Media Turki Anadolu Agency turut memberitakan peresmian kereta cepat ini.

Mereka menulis laporan berjudul "Indonesia resmikan kereta pertama tercepat di Asia Tenggara."

"Kereta cepat Jakarta Bandung, Whoosh, dioperasikan," kata Jokowi di laporan itu.

Media asal China, China News, juga memberitakan laporan serupa dengan judul, "Presiden Indonesia Umumkan Operasi Kereta Cepat Jakarta-Bandung."

Kereta cepat ini diberi nama WHOOSH yang merupakan singkatan dari waktu hemat, operasi optimal, sistem hebat.

Nama itu, tulis mereka, terinspirasi dari suara kereta, kecepatan, lingkungan yang ramah, dan terintegrasi dengan transportasi publik.

Pejabat Kedutaan Besar China di Jakarta, perwakilan Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), perwakilan Kereta Cepat Internasional China, dan organisasi lain tampak hadir di upacara peresmian ini. (nqa)
×
Berita Terbaru Update