Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kirab Budaya Gunungan Di Gelar Di Balikpapan.

| October 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-15T10:56:28Z


Alamanah Jurnalis BALIKPAPAN - Haul Akbar Wali Songo dan Syekh Abdul Qodir Al Jaelani dan Kirab Budaya Gunungan yang digelar Majelis Jam'iyyah Tasbih dan Sholawat Kubro Kalimantan di Jalan Padat Karya RT 05 Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kota Balikpapan, berlangsung hikmad  dan lancar, Minggu (15/10/2023).

Masyakat bersatu padu gotong royong untuk membuat gunungan tersebut Sehingga  sebanyak 8 gunungan berupa aneka makanan dan hasil bumi dikirab dalam acara ini untuk diberikan kepada masyarakat sebagai tanda syukur kepada Allah SWT. Kirab gunungan dimulai dari Masjid Babul Jannah menuju Sasono Agung Surya Alam, Jam'iyyah Tasbih dan Sholawat Kubro Kalimantan. 

Gunungan aneka makanan dan hasil bumi yang tersaji atau tersedia di acara ini merupakan hasil dari partisipasi warga yang ada di sekitar Sasono Agung Surya Alam yang meliputi makanan ringan anak-anak, sayuran dan buah-buahan. Ribuan warga antusias hadir dan meramaikan acara bertema Nusantara Bersatu dalam Kebhinekaan ini hingga selesai. 

Meski ada imbauan untuk tidak berebut saat mengambil aneka makanan dan hasil bumi itu, ribuan warga yang hadir di acara ini tetap saja berebut dan saling dorong sebelum ceramah dan doa selesai dilaksanakan.

Hadir pada acara ini pengasuh Jam'iyyah Tasbih dan Sholawat Kubro Kalimantan, Romo KH. R. Maulana Haris Abdillah, Wali Kota Balikpapan H. Rahmad Mas'ud, anggota DPRD Balikpapan H. Iwan Wahyudi, Muspida Balikpapan, H. Sutrisno mewakili MUI Balikpapan,Personel TNI Polri, tokoh masyarakat dan tokoh adat Balikpapan serta lainnya.

 KH. Ahmad Sanusi Ibrahim, yakni Guru Jaro asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan sebagai penceramah. 


Pengasuh Jam'iyyah Tasbih dan Sholawat Kubro Kalimantan, Romo KH. Maulana Haris Abdillah, ST, MM mengatakan, acara ini digelar sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah berikan berbagai kenikmatan. 
"Sebagai generasi penerus mengenang jasa-jasa beliau, ingin mencintai beliau, dan sekaligus ingin meneladani kehidupan, akhlak, kebaikan-kebaikan bukan hanya ibadah kepada Allah SWT tapi juga sesama umat manusia," kata KH. Maulana Haris Abdillah.

Pihaknya juga bersyukur karena selama acara berlangsung semua berjalan lancar, bisa mengambil berkah dan bisa mengambil hikmah dan teladan dari para Wali untuk hidup, serta berhubungan kepada Allah SWT, banyak beribadah dan juga berhubungan dengan semua masyarakat serta bermanfaat hidupnya. 

"Insyaallah, tahun depan kegiatan ini akan dilaksanakan lagi. Kata Pak Wali kan, bisa berkembang lagi dari tahun ke tahun. Insyaallah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan Suntoro mengatakan, hari ini puncaknya Haul Akbar Wali Songo dan Syekh Abdul Qadir Jailani. Alhamdulillah, antusias jemaah hadir yang diawali dengan kirab gunungan yang berjalan dengan hikmat, yang dilanjut dengan Kirab Agung.

"Alhamdulillah Pak Wali Kota juga hadir, penceramahnya juga Guru Jaro juga hadir. Ya Alhamdulillah, semua ini senantiasa mendatangkan keberkahan untuk semua yang hadir. Total ada sekitar 1.500 jemaah hadir dalam acara ini, karena kita menyiapkan 1.500 konsumsi, dan semuanya habis," kata Suntoro.

Kegiatan ini, lanjut Suntoro, dilaksanakan sebagai bentuk refleksi akan perjuangan para Wali-wali Allah yang terdahulu, sehingga umat muslim di Tanah Air, khususnya Kota Balikpapan masih menikmati hasilnya sampai sekarang. " tutup Suntoro. 
Jurnalis - Lilik. S
Editor     - Djoko Kariyono.
×
Berita Terbaru Update