Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Candi Surowono : Peninggalan Kerajaan Majapahit di Kediri

| October 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-05T05:26:14Z


Alamanahjurnalis.com - Kediri, Jawa Timur – Candi Surowono adalah sebuah candi bercorak Hinduistik yang terletak di Desa Canggu, Kecamatan Badas, Kabupaten Kediri, berjarak sekitar 25 km arah timur laut dari kota Kediri atau 105 km (2,5 jam) dari Surabaya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Candi Surowono disebut dalam Kitab Negarakertagama dengan nama ‘Wishnubhawanapura’ diperkirakan dibangun pada tahun 1390 untuk memuliakan Bhre Wengker, penguasa wilayah Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Candi ini dibangun dengan gaya batur berdenah dasar bujur sangkar berukuran 8 x 8 meter, dengan arah hadap ke barat. Struktur ini memiliki satu tangga dan tersusun dari batu andesit. Candi Surowono hanya menyisakan bagian kaki candi dan lapik candi saja. Pada dinding kaki candi terdapat relief Sri Tanjung, Bubuksah Gagangaking dan Arjuna Wiwaha dalam lapik-lapik. Bagian lapik candi dipahat relief dalam panil tentang Tantri, ghana dan motif ornamental seperti flora, fauna maupun kendil. Bagian selatan candi terdapat fragmen dan blok batu komponen bangunan dari Candi Surowono.

Balok-balok beton dan taman yang cukup asri menunjukkan bahwa telah ada perhatian yang cukup memadai dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terhadap Candi Surowono yang sudah berusia lebih dari 600 tahun ini. 

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update