Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jamu Kunyit Asam untuk Memperbaiki Reproduksi Wanita

| September 26, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-26T02:43:26Z


Alamanahjurnalis.com - Kunyit atau Curcuma longa Linn. syn. adalah termasuk satu tanaman rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika.

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Tanaman kunyit banyak dibudidayakan di Indonesia, karena merupakan tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. 

Dikutip dari berbagai sumber, kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat-zat manfaat lainnya, seperti minyak asiri, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, dan mineral. 

Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai obat adalah rimpang, antara lain untuk memperbaiki reproduksi wanita. Jamu kunyit asam memiliki khasiat yang baik untuk rahim wanita. Dalam hal ini, manfaat kunyit asam untuk rahim dapat membantu meredakan gejala haid, mengatasi kondisi PCOS, membantu meringankan endometriosis, hingga mencegah berbagai masalah kehamilan.

Resep Jamu Kunyit Asam :

Bahan Ramuan :
- Kunyit, 1 ons 
- Air, 1 gelas 
- Asem, 1 jempol 
- Garam secukupnya
- Gula merah secukupnya 

Cara Meramu :
- Cuci bersih kunyit, dihaluskan
- Haluskan asem, garam, gula merah di wadah berbeda. Tambahkan air 
- Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan dengan 4 ramuan yang diproses terakhir dalam satu wadah. Masak hingga mendidih, saring
- Minum ramuan sekaligus. 
- Ramuan ini untuk sekali minum dan dilakukan seminggu dua kali

Editor : Ninik Qurotul Aini
×
Berita Terbaru Update