Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT Ikapakarti Propinsi Ke - 20 Gebyar Di Balikpapan .

| August 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-13T00:36:57Z


Alamanahjurnalis – Balikpapan.
Dalam rangka memperingati HUT ke-20, untuk yang pertama kalinya Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi (IKAPAKARTI) akhirnya melaksanakan pagelaran akbar Seni Budaya di Kota Balikpapan, yang tepatnya di BSCC Dome, pada Sabtu (12/08/2023) hingga Minggu (13/08/2023).

Dengan Ketua Panitia Anjar Wantara , Sekretaris Eko Prasetyo dan Ketua Pelaksana 
Damuri .
Selain sebagai ajang silaturahmi dan memperekat semua elemen masyarakat Bumi Etam Kalimantan Timur, sebanyak 37 kelompok paguyuban seni kuda lumping  hadir dalam mempersembahkan pertunjukan Seni Budaya tradisional seperti Tari Kolosal Kuda Lumping, Tari Kolosal Reog Ponorogo Jawa Timur dan aneka Tarian Jawa lainnya. Serta pagelaran Wayang Kulit pada malam harinya.

Dan tak kalah menariknya lagi, puluhan tenan wisata kuliner tradisional khas Daerah Jawa juga dihadirkan di event akbar tersebut, guna memanjakan lidah para pengunjung.

Acara ini dibuka  oleh Ketua IKAPAKARTI Kalimantan Timur, Rusmadi Wongso mengatakan bahwa, keputusan menggelar pagelaran akbar tersebut tercetus ketika melaksanakan Deklarasi Bhineka Tunggal Ika di titik nol Ibu Kota Negara (IKN).

“Biasa dipusatkan di Samarinda tiap tahunnya. Dan mulai dari tahun 2023 akhirnya digelar di Balikpapan, dan sesudahnya digelar di Kabupaten/Kota Kaltim secara bergantian,” 


Menurutnya, adapun tajuk tema “Guyub Rukun Membangun Peradaban Bangsa” dalam acara tersebut ialah selaras dengan hadirnya Ibu Kota Nusantara (IKN). Yang mana masyarakat Kaltim, kata dia, mesti menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dengan hadirnya Ibu Kota baru tersebut.

Kendati demikian, ia pun berharap keluarga besar IKAPAKARTI harus cerdas, apalagi IKN sudah di depan mata. Pun begitu, peluang masyarakat Kaltim meningkatkan kesejahteraan juga semakin terbuka dari hadirnya IKN.

“Makanya harus cerdas memanfaatkan potensi yang ada agar IKAPAKARTI semakin sehat dan kuat, guna melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat langsung kepada masyarakat se-Kaltim,” pinta Rusmadi juga selaku Wakil Wali Kota Samarinda

Kendati demikian, ia pun berharap keluarga besar IKAPAKARTI harus cerdas, apalagi IKN sudah di depan mata. Pun begitu, peluang masyarakat Kaltim meningkatkan kesejahteraan juga semakin terbuka dari hadirnya IKN.


“Makanya harus cerdas memanfaatkan potensi yang ada agar IKAPAKARTI semakin sehat dan kuat, guna melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat langsung kepada masyarakat se-Kaltim,” pinta Rusmadi juga selaku Wakil Wali Kota Samarinda.

Rusmadi menambahkan, untuk organisasi sosial kemasyarakatan IKAPAKARTI lebih memberikan perhatian kepada soal karakter dan budi bahasa, sehingga mengangkat harkat dan derajat tiang jawa.

Dan selain itu, katanya, kegiatan-kegiatan lain pihaknya juga membantu warga yang sakit dan membantu anak yang tidak bersekolah.

“Jadi tidak boleh ada yang tidak bersekolah. Serta kami pun mendorong kegiatan UMKM agar dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga besar kami,” pungkasnya.

Jurnalis : Lilik.S
Editor.    : Djoko Kariyono.
×
Berita Terbaru Update