Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

MTA : Keagungan Bulan Ramadhan

| September 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-05T23:58:49Z

Alamanahjurnalis.com - Dalam QS Al Baqarah, yang artinya : Bulan Ramadhan yang pada masanya Al Qur'an diturunkan sebagai petunjuk bagi ummat manusia dengan ayat-ayatnya yang jelas dan dengan apa yang terkandung dalamnya dari banyak hikmah dan hukum-hukum untuk menuntun manusia kepada jalan yang hak dan benar dan menjauhkannya dari jalan yang bathil.

Dikutip dari Kitab Duratunnaashihiin (terj), Al Qur'an mulai diturunkan di malam Lailatul Qadar, diturunkannya sekaligus ke langit bumi dan kemudian diturunkannya berangsur-angsur ke bumi.

Diriwayatkan bahwa kitab Nabi Ibrahim as. diturunkan pada malam pertama bulan Ramadhan, Taurat pada malam keenam tujuh ratus tahun sesudah Kitab Ibrahim, Zabur pada malam keduabelas Ramadhan lima ratus tahun sesudah Taurat, Injil pada malam kedelapanbelas Ramadhan seribu duaratus tahun sesudah Zabur dan Al Qur'an pada malam keduapuluh tujuh Ramadhan enam ratus tahun sesudah Injil. (Kitab Alhayat)

Bahwa diturunkannya kitab-kitab suci itu dalam bulan Ramadhan menunjukkan keistimewaannya bulan tersebut ditambah dengan kewajiban berpuasa.
Karena dalam bulan Ramadhan kebajikan terkumpul, ibadah terkabul, do'a-do'a keterima, dosa-dosa terampuni dan syurga merindukan mereka yang akan menghuninya.(Ninik QA)
×
Berita Terbaru Update