Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Wisata Goa Jegles : Menampilkan 'Green Canyon' di Kediri

| December 15, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-15T01:19:39Z


Alamanahjurnalis.com - Salah satu destinasi wisata di Kediri saat ini adalah Goa Jegles. Goa ini terletak di Jl. Jegles, Bukaan, Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Goa Jegles akan mengingatkan kita pada kemegahan tebing-tebing Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat, meskipun dalam versi mini.

Berbagai cerita sejarah mewarnai keberadaan goa yang mirip rekahan tanah raksasa ini. Konon, goa Jegles digunakan sebagai tempat para pertapa untuk mengasingkan diri. Cerita itu masih membekas hingga tahun 1980-an. Bahkan Goa Jegles dahulu juga sering disebut sebagai lokasi yang mistis dan angker. Jauh sebelum itu, cerita tentang pelarian penambahan Maduretna atau Trunajaya ke lereng Gunung Kelud juga dikaitkan dengan beberapa kawasan di Desa Keling.
 
Salah satunya adalah keberadaan lorong-lorong yang ada di desa ini.
Goa dengan kolam ikan koi di celah berdinding curam di tepi sungai, yang diakses melalui jalan setapak, menjadi lokasi yang indah dan instagramabel. 

Para pengunjung bisa menelusuri goa melewati jalan yang terbuat dari beton di tengah-tengah goa. Di dalam goa juga terdapat mata air jernih yang muncul dari tanah. Kesan sejuk dan alami begitu terasa ketika masuk ke dalam. Selain menawarkan keindahan goa, Pemdes Keling juga menawarkan wahana seru yakni rafting yang berada tak jauh dari lokasi goa Jegles. 

Selain itu juga wisata kuliner dan taman.
Kawasan Goa Jegles ini masih swadaya masyarakat desa dan belum banyak yang tahu tentang keberadaan Grand Canyon mini ini. Sementara untuk ongkos masuk Goa Jegles masih sukarela serta membayar biaya parkir saja. (Djoko K)
×
Berita Terbaru Update