Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Petilasan Sri Aji Joyoboyo Kediri

| February 26, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-25T21:03:30Z


Alamanahjurnalis.com. Petilasan Sri Aji Joyoboyo sekitar 10 km, 5 menit dari kota Kediri atau 120 km (2,5 jam) dari Surabaya. Petilasan ini terletak 6 km sebelah utara Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri. Tepatnya, di Desa Menang, Kecamatan Pagu.

Dikutip dari beberapa sumber, petilasan Sri Aji Joyoboyo dipercayai sebagai tempat muksa Prabu Sri Aji Joyoboyo yang terkenal sebagai Raja Kediri abad XII. Situs-situs yang ada di kawasan budaya ini seperti Sendang Tirto Kamandanu dan Arca Totok Kerot. Banyak pengunjung yang melakukan ziarah di situs ini dan puncak ritual di Pamuksan tanggal 1 Suro dengan ribuan pengunjung dari berbagai daerah untuk prosesi ritual.

Sri Aji Joyoboyo memerintah Kediri tahun 1135 - 1157 M dan berhasil menyatukan Jenggala yang dipisahkan Airlangga pada tahun 1042 M. Sri Aji Joyoboyo terkenal dengan kitab "Jongko Joyoboyo" yang berisi ramalan kejadian di Pulau Jawa.

Sebuah bangunan di tengah situs Pamuksan Sri Aji Joyoboyo Kediri adalah tempat yang dipercaya sebagai tempat pamuksan Sri Aji Joyoboyo. Bangunan itu terbagi tiga tempat, yang mewakili tiga fase muksa yaitu Loka Mukso sebagai tempat muksa, Loka Busana sebagai tempat busana dan Loka Makuto sebagai tempat mahkota. Sedangkan Sendang Tirto Kamandanu merupakan pemandian yang digunakan oleh Sang Prabu Joyoboyo sebelum ia muksa.

Sosok Sri Aji Joyoboyo juga dikenal memiliki kesaktian tak tertandingi. Salah satu buktinya dapat dijumpai di Arca Totok Kerot, di mana berdasarkan cerita rakyat, patung tersebut tercipta sebagai akibat dari sabda yang dikeluarkan sang raja. 

Jurnalis : Ninik Qurotul Aini

×
Berita Terbaru Update